MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model Pembelajaran PBL Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 1 Palembang

Alfania, Nadiah (Unknown)
Susanti, Rahmi (Unknown)
Nizayati, Fariyus (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Kurikulum merdeka menekankan pada kebebasan dalam belajar sesuai dengan potensinya. Hal tersebut mengakibatkan guru kesulitan dalam memberikan pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta didik yang beragam. Selain itu dalam pembelajaran matematika masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam perkalian dan pembagian. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model PBL pada pembelajaran bahasa indonesia kelas IV. Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV sering menghadapi kesulitan dalam meningkatkan keterampilan peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan model pembelajaran PBL di SD Negeri 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, bertujuan mendeskripsikan penerapan TaRL dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar melalui TaRL sesuai dengan langkah-langkah yang mencakup pengklasifikasian kebutuhan belajar, perancangan pembelajaran, pelaksanaan, serta refleksi dan evaluasi pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...