Kurikulum merdeka menekankan pada kebebasan dalam belajar sesuai dengan potensinya. Hal tersebut mengakibatkan guru kesulitan dalam memberikan pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta didik yang beragam. Selain itu dalam pembelajaran matematika masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam perkalian dan pembagian. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model PBL pada pembelajaran bahasa indonesia kelas IV. Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV sering menghadapi kesulitan dalam meningkatkan keterampilan peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan model pembelajaran PBL di SD Negeri 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, bertujuan mendeskripsikan penerapan TaRL dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar melalui TaRL sesuai dengan langkah-langkah yang mencakup pengklasifikasian kebutuhan belajar, perancangan pembelajaran, pelaksanaan, serta refleksi dan evaluasi pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024