MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Pendidikan Karakter sebagai Upaya Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Sosial Anak Broken Home

Pangayom, Cikal (Unknown)
Damaiyanti, Elvina (Unknown)
Hidayah, Nor Elma (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Cinantya, Celia (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Pendidikan karakter yang diterapkan sejak usia dini memainkan peran penting dalam menanamkan nilai-nilai sosial seperti empati, kejujuran, dan tanggung jawab. Anak-anak dari keluarga yang terpecah sering menghadapi tantangan emosional dan psikologis, yang dapat menghambat perkembangan sosial, emosional, dan akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya pengembangan karakter anak, khususnya anak-anak dari keluarga broken home, dalam meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan observasi untuk mengidentifikasi peran pendidikan karakter dalam membantu anak-anak ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang melibatkan penerapan nilai moral, dukungan emosional dari orang tua dan pendidik, serta pengembangan keterampilan sosial efektif dalam membantu anak-anak dari keluarga broken home untuk menjadi individu yang lebih percaya diri dan mandiri. Kesimpulan ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan pendidikan karakter yang holistik dalam mendukung anak-anak menghadapi tantangan hidup dengan lebih positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...