MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa

Maulida, Amelia Anwaral (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Rafianti, Wahdah Refia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui metode studi literatur, peneliti mengkaji lalu menyimpulkan hasil dari penelitian orang lain. Metode ini melibatkan pengumpulan dan kajian sumber-sumber digital berupa 15 artikel, yang berkaitan langsung dengan model pembelajaran CTL dan aktivitas belajar. Pendidikan di Indonesia, khususnya pada tingkat sekolah dasar, memiliki peran yang sangat penting dalam membangun karakter dan kemampuan akademik siswa. Salah satu metode pembelajaran yang terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi belajar, dan pemahaman materi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan CTL dapat menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan mendukung peningkatan aktivitas belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...