MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Efektivitas Penggunaan Model Group Investigation dan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan PPKn di Kelas 4 Sekolah Dasar

Latifatunnisa (Unknown)
Rafianti, Wahdah Refia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada muatan PPKn di kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji dan membandingkan dua model pembelajaran dari dua skripsi yang memiliki variable serupa yang berfokus pada hasil belajar siswa. Model GI menekankan pembelajaran berbasis investigasi kelompok untuk menyelesaikan tugas tertentu, sementara model TGT menggunakan pendekatan permainan dan kompetisi untuk memperkuat motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dan instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan model TGT memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini memberikan rekomendasi kepada guru untuk memanfaatkan model GI dan TGT dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, kompetitif, dan berpusat pada siswa di muatan PPKn sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...