Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada muatan PPKn di kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji dan membandingkan dua model pembelajaran dari dua skripsi yang memiliki variable serupa yang berfokus pada hasil belajar siswa. Model GI menekankan pembelajaran berbasis investigasi kelompok untuk menyelesaikan tugas tertentu, sementara model TGT menggunakan pendekatan permainan dan kompetisi untuk memperkuat motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dan instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan model TGT memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini memberikan rekomendasi kepada guru untuk memanfaatkan model GI dan TGT dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, kompetitif, dan berpusat pada siswa di muatan PPKn sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024