MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Literature Riview: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di Sekolah Dasar

Widyatmoko, Suryo (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Rafianti, Wahdah Refia (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar merupakan faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan. Model PBL dinilai efektif untuk meningkatkan motivasi, kemampuan berpikir kritis, dan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan PBL dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Melalui studi literatur, data statistik, dan hasil penelitian terkait implementasi PBL, penelitian ini menunjukkan bahwa PBL mempunyai potensi besar untuk meningkatkan kadar pendidikan. Meskipun demikian, implementasi PBL di sekolah dasar masih menghadapi beberapa kendala seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan sumber daya, dan kurangnya dukungan lingkungan sekolah. Penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan PBL sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran. Dengan menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran dan memfasilitasi mereka dalam memecahkan masalah kontekstual, PBL dapat membawa siswa untuk semakin aktif dan mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting untuk pengembangan kurikulum dan pelatihan guru untuk mendukung implementasi PBL yang efektif di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...