MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Strategi Peningkatan Pendidikan Karakter Siswa SD Menggunakan Pembiasaan Self-improvement

Mawaddah, Sulistri (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Cinantya, Celia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Strategi peningkatan pendidikan karakter menggunakan pembiasaan self-improvement merupakan pembiasaan yang dapat mengubah perilaku dan kebiasaan siswa terutama di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan pendidikan katakter siswa kelas VI SDN Basirih 2 Banjarmasin dengan menggunakan pembiasaan self-improvement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan penelitian kualitatif  karena menyajikan data dalam bentuk  kata-kata. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dari pembiasaaan self-improvement, siswa kelas VI SDN Basirih 2 Banjarmasin mengalami kemajuan dan perubahan dalam bersikap. Siswa yang mulanya sering melakukan perilaku kurang baik dengan jumlah 15 orang siswa berkurang menjadi 4 orang siswa. Sehingga dengan adanya pembiasaan self-improvement akan membuat peserta didik lebih mencerminkan menjadi pelajar yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...