MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Peran Guru Pendamping Khusus (GPK) dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Saskia, Yola (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Rafianti, Wahdah Refia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan upaya untuk memberikan akses pendidikan yang sama bagi seluruh siswa, termasuk anak berkebutuhan khusus. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Guru Pendamping Khusus (GPK) dalam mendukung pendidikan inklusi di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi literatur, dengan menganalisis berbagai sumber terkait peran GPK, tantangan yang dihadapi, dan dampaknya terhadap siswa. Hasil utama menunjukkan bahwa GPK berfungsi sebagai fasilitator, penghubung antara siswa berkebutuhan khusus dan teman sebaya, serta penyedia strategi pembelajaran yang sesuai. GPK juga berperan dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kebutuhan siswa di kalangan guru regular. Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya peran GPK dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung keberhasilan pendidikan bagi semua siswa, sekaligus mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan profesional yang berkelanjutan bagi GPK agar dapat menjalankan tugasnya secara efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...