Proses perolehan pengetahuan di lembaga pendidikan harus menggunakan strategi pengajaran yang memenuhi kebutuhan khusus peserta didik untuk meningkatkan kinerja akademis mereka. Salah satu strategi tersebut adalah pendekatan pembelajaran kooperatif, yang menekankan pemberian peran kepada peserta didik yang lebih berpengalaman dalam kelompok kecil. Kelompok-kelompok ini kemudian berbagi temuan dan wawasan mereka dengan seluruh kelas, yang mendorong terciptanya suasana belajar yang kolaboratif dan interaktif. Pendekatan ini selanjutnya melibatkan diskusi dan analisis mendalam, yang menciptakan lingkungan pendidikan yang menarik dan bersemangat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai makalah penelitian yang mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya yang berfokus pada peserta didik sekolah dasar berprestasi tinggi. Adapun metode yang digunakan adalah literature review yang diperoleh dari beberapa sumber database elektronik salah satunya Google Scholar. Berdasarkan beberapa artikel yang dianalisis, penggunaan model Pembelajaran CL ini memiliki peran penting dalam peningkatan hasil belajar siswa, peningkatannya sendiri itu berkisar dari 10% - 30% dalam setiap siklusnya.
Copyrights © 2024