MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 3 No. 1 (2025): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Maret 2025

Literature Review : Penerapan Model Kooperatif untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Oktaviana, Nurhaliza (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Rafianti, Wahdah Refia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan inovatif yang menekankan kolaborasi antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Berdasarkan analisis terhadap 15 penelitian, berbagai model pembelajaran seperti Jigsaw, STAD, Teams Games Tournament (TGT), Take and Give, serta Picture and Picture terbukti efektif dalam meningkatkan nilai rata-rata siswa, pencapaian belajar, serta keterampilan sosial, komunikasi, dan kerja sama. Keunggulan setiap model berbeda-beda. Jigsaw, misalnya, unggul dalam mendukung kolaborasi dan penguasaan konsep, sementara TGT memotivasi siswa melalui pendekatan berbasis permainan. Metode seperti Picture and Picture memanfaatkan media visual untuk menarik perhatian siswa, sedangkan Take and Give mengintegrasikan keberagaman budaya dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan, pembelajaran kooperatif menciptakan pengalaman belajar yang lebih aktif, menyenangkan, dan inklusif, sehingga siswa terdorong untuk lebih terlibat secara aktif. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan model pembelajaran kooperatif untuk memenuhi kebutuhan pendidikan abad ke-21. Guru direkomendasikan untuk merancang pembelajaran berbasis kooperatif guna mendukung pengembangan keterampilan siswa secara menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...