LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 4 (2024)

ANALISIS ASPEK PEMBELAJARAN DI SINGAPURA SERTA PERBANDINGANNYA DI INDONESIA

DANIATI, DANIATI (Unknown)
SUSANTI, RETNO (Unknown)
SAFITRI, ERNA RETNA (Unknown)
GULO, FAKHILI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2024

Abstract

This article presents an in-depth analysis of aspects of learning in Singapore and compares them with the education system in Indonesia. The study covers various dimensions, such as learning approaches, methods, evaluation systems, and the level of technology integration in the learning process. The background to this study is the global recognition of the success of Singapore's education system, which is considered more effective and advanced compared to the education system in Indonesia. These factors have a major influence on the quality of education and student learning outcomes in each country. This research uses the literature review method by collecting data and information from various literatures and academic sources to identify the fundamental differences between the two systems. The results show that the success of Singapore's education system is not only determined by innovative learning approaches and methods, but also by structured evaluation, high quality of educators, and consistent education policies from the government. On the other side, the education system in Indonesia still faces various challenges, including disparities in the quality of education, variations in learning approaches, and the lack of optimal utilization of technology. This article concludes that improving the quality of education in Indonesia requires comprehensive and consistent improvements in methods, evaluation and policies to catch up and improve the effectiveness of national education. ABSTRAKArtikel ini menyajikan analisis mendalam mengenai aspek-aspek pembelajaran di Singapura dan membandingkannya dengan sistem pendidikan di Indonesia. Kajian ini mencakup berbagai dimensi, seperti pendekatan pembelajaran, metode, sistem evaluasi, serta tingkat integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pengakuan global terhadap keberhasilan sistem pendidikan Singapura, yang dianggap lebih efektif dan maju dibandingkan dengan sistem pendidikan di Indonesia. Faktor-faktor tersebut berpengaruh besar terhadap kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa di masing-masing negara. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan mengumpulkan data dan informasi dari berbagai literatur dan sumber akademis untuk mengidentifikasi perbedaan mendasar antara kedua sistem. Hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan sistem pendidikan di Singapura tidak hanya ditentukan oleh pendekatan dan metode pembelajaran yang inovatif, tetapi juga oleh evaluasi yang terstruktur, kualitas tenaga pendidik yang tinggi, dan kebijakan pendidikan yang konsisten dari pemerintah. Di sisi lain, sistem pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk kesenjangan dalam kualitas pendidikan, variasi dalam pendekatan pembelajaran, dan kurangnya pemanfaatan teknologi secara optimal. Artikel ini menyimpulkan bahwa peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan perbaikan yang menyeluruh dan konsisten, baik dalam hal metode, evaluasi, maupun kebijakan untuk mengejar ketertinggalan dan meningkatkan efektivitas pendidikan nasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...