Urgensi atau permasalahan utama dalam penelitian ini terletak pada rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 640 Ponnori. Berdasarkan data awal, sebagian besar siswa kesulitan memahami materi IPA, yang tercermin dalam rendahnya persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Masalah ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional, dengan dominasi ceramah yang mengurangi keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 640 Ponnori. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan kontekstual. Subjek penelitian ini adalah 14 orang siswa kelas IV SD Negeri 640 Ponnori. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes. Teknik pengumpulan data ada 3 yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistika deskriptif, yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 640 Ponnori Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes yang diperoleh pada siklus I dan siklus II. Hasil pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 63 dengan persentase 43%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 82 dengan persentase 90%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, sekaligus mengatasi permasalahan rendahnya keterlibatan aktif dan pemahaman siswa dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024