Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 4

Strategi Belajara Dan Kemampuan Berbicara Dalam Speaking For Informal Interaction Pada Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Negeri Makassar

Mustikawati, Yunitari (Unknown)
Nurfadhilah, Auliyanti Sahril (Unknown)
Nur, Riola Haya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara strategi belajar dan kemampuan berbicara pada kelas Speaking for Informal Interaction  pada mahasiswa Sastra Inggris Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis strategi belajar yang digunakan siswa, mengevaluasi dampak strategi tersebut terhadap Kemampuan Berbicara informal mereka, dan menguji tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, data dikumpulkan melalui kuesioner Strategy Inventory for Language Learning (SILL), observasi kelas, wawancara semi-terstruktur, dan penilaian Kemampuan Berbicara. Temuan mengungkapkan bahwa strategi sosial dan kognitif, seperti kolaborasi teman sebaya dan pengulangan, adalah strategi yang paling sering digunakan dan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kelancaran dan kompetensi komunikatif siswa. Siswa yang menggunakan strategi sosial menunjukkan kinerja yang lebih tinggi dalam percakapan spontan, sementara mereka yang menggunakan strategi kognitif menunjukkan akurasi dan kontrol yang lebih baik terhadap struktur linguistik. Namun, strategi afektif yang berkaitan dengan pengelolaan kecemasan kurang dimanfaatkan, dengan banyak siswa melaporkan kegugupan dalam situasi berbicara informal. Studi ini menunjukkan bahwa lebih menekankan pada pengajaran strategi afektif dan metakognitif dapat membantu siswa mengelola kecemasan dan meningkatkan pengaturan diri mereka. Temuan ini berkontribusi pada pemahaman penggunaan strategi dalam pembelajaran bahasa dan menawarkan rekomendasi praktis untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara informal melalui pelatihan strategi yang ditargetkan.Kata Kunci: Strategi Belajar, Interaksi Informal, Kemampuan Berbicara

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...