Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 5

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP dengan Model Differentiated Science Inquiry Berbasis Teaching at The Right Level

Ramlawati, Ramlawati (Unknown)
Sari, Nur Indah (Unknown)
Alqadri, Zulqifli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangan perangkat pembelajaran IPA dengan Model Differentiated Science Inquiry (DSI) berbasis Teaching at the Right Level (TaRL) pda konsep cahaya dan alat optik yang valid dan praktis bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan yaitu, analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Perangkat pembelajaran dengan Model DSI berbasis TaRL telah divalidasi oleh ahli yang terdiri dari dosen dan guru IPA SMP, serta telah direvisi sehingga diperoleh perangkat pembelajaran yang layak digunakan. Data validitas dan kepraktisan perangkat pembelajaran oleh peserta didik dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model DSI berbasis TaRL bersifat valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD, dan Tes pemahaman konsep telah memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori “valid” dan “sangat valid”. Hasil uji kepraktisan terhadap LKPD dan tes pemahaman konsep dengan persentase rerata 88,62% dan 86,77% termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Pengembangan perangkat pembelajaran harus memfasilitasi ketiga gaya belajar peserta didik dan mempertimbangkan ketiga jenis diferensiasi, yaitu konten, proses, dan produk. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model DSI, TaRL, ADDIE

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...