Journal on Education
Vol 7 No 2 (2025): Journal on Education: Volume 7 Nomor 2 Tahun 2025 In Progress (Januari-Februari 2

Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall dan Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD N 1 Sarirejo

Choirul Novita Sari (Universitas Negeri Semarang)
Firda Firdaus (Universitas Negeri Semarang)
Susilo Tri Widodo (Universitas Negeri Semarang)
Rina Nuraeni (Universitas Negeri Semarang)
Istikomah Istikomah (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif media pembelajaran berupa Wordwall dan video pembelajaran dapat meningkatkan minat peserta didik kelas IV SD N 1 Sarirejo dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan informasi mengenai pengalaman siswa dan guru dalam menggunakan kedua media pembelajaran tersebut melalui wawancara mendalam dan observasi kelas. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa Wordwall, yang menyediakan latihan interaktif seperti kuis. Disisi lain, penggunaan media video pembelajaran juga menampilkan visual yang menarik. Dari kedua media pembelajaran yang sudah diujikan pada penelitian ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa Wordwall lebih signifikan dalam menumbuhkan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik, meskipun kedua media tersebut berhasil meningkatkan minat belajar. Ketika menggunakan media pembelajaran Wordwall daripada media video pembelajaran, peserta didik merasa lebih terlibat dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif dapat secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa, serta memberikan rekomendasi bagi pendidik dan calon pendidik untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...