Kepemimpinan pendidikan merupakan salah satu faktor kunci dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran dan dampak kepemimpinan pendidikan melalui pendekatan kajian pustaka. Beberapa gaya kepemimpinan, seperti kepemimpinan transformasional, situasional, dan instruksional, dianalisis untuk memahami kontribusinya dalam peningkatan kinerja guru, prestasi siswa, dan pengelolaan sumber daya pendidikan. Tantangan digitalisasi dan kebijakan zonasi juga menjadi perhatian dalam kaitannya dengan adaptasi kepemimpinan. Berdasarkan telaah terhadap 15 jurnal nasional, ditemukan bahwa kepemimpinan yang efektif mendorong terciptanya iklim kerja yang kondusif, kolaborasi, dan inovasi dalam lingkungan pendidikan. Selain itu, peran kepala sekolah dalam memimpin perubahan melalui pendekatan adaptif terhadap teknologi memegang peranan penting dalam mendukung tercapainya mutu pendidikan yang lebih baik di era digital. Sebagai kesimpulan, kepemimpinan pendidikan yang kuat dan fleksibel diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Copyrights © 2025