Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): Desember 2024 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan

Penggunaan AHP dalam Menentukan Program Studi Unggulan di Perguruan Tinggi

Juangjaya, Josclyn (Unknown)
Al-Faridzi, Syera (Unknown)
Pratama, Iqbal Anugerah (Unknown)
Ilham, Muhammad Fauzan Nur (Unknown)
Arbansyah, Arbansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Dalam persaingan ketat dunia pendidikan tinggi, pemilihan program studi unggulan menjadi keputusan strategis yang memengaruhi daya tarik dan reputasi kampus. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Analytical Hierarchy Process dalam menentukan program studi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya perguruan tinggi. Lima kriteria utama digunakan, yaitu permintaan, biaya, sumber daya, relevansi akademik, dan minat mahasiswa. Melalui pendekatan kuantitatif, Analytical Hierarchy Process menghasilkan perbandingan yang objektif dan terukur antar kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program studi X memperoleh skor tertinggi, diikuti oleh program studi Z, sementara program studi Y memiliki skor terendah. Kesimpulannya, metode Analytical Hierarchy Process efektif digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam pemilihan program studi unggulan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is ...