Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 7 No. 2 (2024): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Digital Di MTS. Mattirowalie Kabupaten Bulukumba

Hajar, Sitti (Unknown)
Marwan, Andi (Unknown)
Surti (Unknown)
Amna, Nuraisa (Unknown)
Kaharuddin, Kaharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh lalu diolah dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Mattirowalie  di era digital meliputi tujuh peran, yaitu: (1) Peran guru sebagai sumber belajar; (2) Peran guru sebagai fasilitator; (3) Peran guru sebagai pembimbing; (4)Peran guru sebagai demonstrasi; (5) Peran guru sebagai pengelola; (6) Peran guru sebagai motivator; (7) Peran guru sebagai elevator. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah diterapkan dengan baik selama pembelajaran. Adapun peran guru yang dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital yaitu peran guru sebagai sumber belajar, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai demonstrator, peran guru sebagai pengelola, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai elevator.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

ELEMENTARY JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Nama Jurnal Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Frekwensi 2 Issue / Tahun DOI Prefix https://doi.org/10.47178/elementary P-ISSN 2622-0431 E-ISSN 2829-1611 Penerbit LP2M Universitas Kristen Indonesia Toraja Analisis ...