Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh lalu diolah dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Mattirowalie  di era digital meliputi tujuh peran, yaitu: (1) Peran guru sebagai sumber belajar; (2) Peran guru sebagai fasilitator; (3) Peran guru sebagai pembimbing; (4)Peran guru sebagai demonstrasi; (5) Peran guru sebagai pengelola; (6) Peran guru sebagai motivator; (7) Peran guru sebagai elevator. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah diterapkan dengan baik selama pembelajaran. Adapun peran guru yang dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital yaitu peran guru sebagai sumber belajar, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai demonstrator, peran guru sebagai pengelola, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai elevator.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024