Fokus penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan desain penerapan strategi PQ4R dan implikasi PQ4R untuk penguatan reading comprehension pada mahasiswa Intensif bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi mengenai proses pembelajaran maharah qira’ah dengan strategi PQ4R pada saat pembelajaran, dan dokumentasi terkait perencanaan pembelajaran dan hasil evaluasi dari tugas mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyoroti 2 hal. Pertama, sebelum menerapkan pembelajaran maharah qira’ah dosen merancang pembelajaran terlebih dahulu dengan membuat desain pembelajaran secara bertahap mencakup Preview (membaca selintas), Question (menanya), Read (membaca), Reflect (refleksi), Recite (mengingat) and Review (mengulang kembali). Kedua, implikasi PQ4R dalam penguatan reading comprehension mahasiswa dapat dieksplorasi beriringan dengan kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu dengan menerapkan beberapa tahap, berupa Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review, yang merupakan sebuah teknik memahami teks bacaan dengan proses yang bertahap, hal ini berdampak membantu memicu daya ingat yang kuat, dapat membantu menyerap intisari bacaan yang dibacanya dan memperoleh sesuatu dari kegiatan membaca yang dilakukannya, dapat membantu mahasiswa memahami materi qira’ah dengan bertahap, terutama terhadap materi-materi yang lebih sukar dan membantu mahasiswa untuk berkonsentrasi lebih lama dalam memahami teks.
Copyrights © 2024