Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

Penggunaan Sosial Media untuk Pemasaran Produk UMKM Di Desa Burai

Erni Purbiyanti (Unknown)
Trisna Wahyu Swasdiningrum Putri (Unknown)
Nurilla Elysa Putri (Unknown)
Yunita , Yunita (Unknown)
Utan Sahiro Ritonga (Unknown)
Merna Ayu Sulastri (Unknown)
Serly Novitasari (Unknown)
M. Andri Zuliansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait penggunaan sosial media untuk pemasaran produk UMKM di Desa Burai. Instrumen yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pengisian kuesioner pre-test dan post-test kepada anggota kelompok sadar wisata yang berjumlah 25 orang. Metode pelaksanaan dilakukan dengan kegiatan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Pengolahan data dilakukan dengan skala likert (skor 1-5). Penyuluhan mengenai sosial media dalam kegiatan pemasaran bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Burai. Berdasarkan hasil perbandingan, terdapat indikator yang tidak terlalu meningkat secara signifikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya pemahaman terhadap materi yang ada. Namun secara keseluruhan, setelah dilakukan penyuluhan terkait penggunaan media sosial untuk pemasaran terdapat peningkatan pengetahuan anggota kelompok sadar wisata Desa Burai dari materi yang disampaikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dikatakan memberikan manfaat bagi anggota kelompok sadar wisata Desa Burai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) Jurnal ini memuat hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu antara lain pendidikan, ekonomi, teknik, pertanian, sosial, humaniora, dan komputer. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu Februari, April, Juni, ...