Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, untuk menganalisis perubahan kemampuan siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi TTW. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas X di SMKN 2 Pontianak yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pemilihan sampel ini didasarkan pada pertimbangan tertentu yang sesuai dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan instrumen yang telah valid dan reliabel. Tes ini diberikan dua kali, yaitu pretest dan posttest penerapan strategi TTW dalam pembelajaran materi barisan dan deret aritmatika. Teknik analisis data penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, paired sample T-Test, dan uji N-Gain dengan menggunakan SPSS dan excel pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi TTW secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Analisis data menunjukkan rata-rata skor posttest meningkat dari kategori rendah menjadi sedang setelah penerapan strategi. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa strategi TTW efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam konteks matematika, khususnya pada materi barisan dan deret aritmatika. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa strategi TTW merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis siswa. Strategi TTW direkomendasikan bagi guru matematika karena dapat memperkuat kemampuan berpikir kritis siswa, mengembangkan pemahaman konsep matematika, dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah kompleks.
Copyrights © 2024