Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP)
Vol 4 No 2 (2024)

Kelayakan Modul Ajar Berbasis PBL Disertai KPS Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X

Suwanda, Dewi Portuna (Unknown)
Wahyuni, Eko Sri (Unknown)
Yuniarti, Anisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk menyesuaikan perangkat pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) disertai Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi perubahan lingkungan kelas X. Metode yang digunakan Research and Development (R&D) dengan 5 tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Instrumen penelitian yang digunakan angket validasi instrumen dan angket lembar validasi. Aspek yang divalidasi yaitu informasi umum, komponen inti, lampiran, kesesuaian dengan model problem based learning (PBL), dan bahasa. Validasi dilakukan oleh 5 orang validator. Analisis menggunakan face valdiity Aiken

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics Other

Description

The Journal publishes scientific articles in Indonesian language which are the research results in the field of Biology, (Ecology, Microbiology, Zoology, Botany, Systematics, Molecular, Bioinformatics), Physics (Material physics, Instrumentation, Astrophysics, Computing), Biology Education, Physical ...