Pendidikan matematika di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan fondasi penting dalam membentuk kemampuan analitis dan pemecahan masalah siswa. Kualitas pendidikan matematika di tingkat ini sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan menghadapi tantangan di kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, pendekatan tinjauan literatur (literature review) secara komprehensif diterapkan untuk menganalisis perkembangan pendidikan matematika di tingkat SMP di Indonesia. Proses penelitian dimulai dengan melakukan pencarian literatur yang relevan, analisis mendalam, dan penyusunan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kondisi terkini, mengidentifikasi perubahan kurikulum, penyesuaaina materi pembelajaran, penyesuaian pendekatan pembelajaran, dan perbaikan penilaian pembelajaran pendidikan matematika SMP di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya upaya signifikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika SMP melalui perubahan kurikulum, penyesuaian materi pembelajaran, penerapan pendekatan pembelajaran yang inovatif, dan perkembangan penilaian yang lebih holistik. Perubahan-perubahan ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kebutuhan siswa di era modern, dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di jenjang selanjutnya.
Copyrights © 2024