Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 2 (2025): January

Peran Guru dalam Literasi Membaca untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini di TK Dharma Maitreya

Isnaini, Annur (Unknown)
Mayasita, Tias (Unknown)
Mufaro'ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2024

Abstract

Perkembangan anak usia dini membutuhkan perkembangan bahasa sebagai prasyarat untuk mengembangkan interaksi interpersonal yang baik. Literasi pada anak usia dini sangat berkaitan dengan perkembangan kemampuan berbahasa anak, anak harus mampu memahami bahasa dan menyampaikan bahasa, yang berkaitan dengan proses keaksaraan awal. Pada tahap ini merupakan masa terbaik bagi anak untuk lebih mudah belajar beragai hal melalui inderanya (pendengaran, penglihatan, perasa, peraba, dan penciuman) dalam mengembangkan kemampuannya berliterasi. Ada beberapa cara meningkatkan perkembangan literasi pada anak, maka sebagai guru tidak kalah penting ada tiga peran guru dalam memfasilitasi perkembangan literasi anak yaitu : Sebagai Perencana, Pelaksana atau fasilitator dan sebagai Evaluator. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Peran guru sangat menentukan minat dan kegemaran anak pada membaca dan menulis untuk meningatkan ketrampilan bahasa mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ISSN 3026-4081 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. PAUD publishes four issues annually in the months of October, January, April, and July. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...