Ihtirom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2024): Ihtirom Edisi April 2024

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCEGAH BULLYING

Khofi, Mohammad Bilutfikal (Unknown)
Heridianto, Heridianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendidikan karakter dalam mencegah bullying di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari siswa, guru, kepala madrasah, dan orang tua yang terlibat dalam program pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter yang diterapkan, seperti lingkungan madrasah yang nyaman melalui konsep "peaceful school", penerapan budaya religius, integrasi nilai karakter dalam pembelajaran, dan sosialisasi dampak bullying, terbukti efektif dalam mengurangi perilaku bullying. Kolaborasi antara guru dan orang tua juga memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa. Kesimpulan penelitian ini menyarankan bahwa penerapan pendidikan karakter secara komprehensif dapat menciptakan lingkungan madrasah yang aman dan mendukung, serta membentuk siswa dengan karakter yang lebih baik.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihtirom

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam memfokuskan pada kajian teoritis dan empiris dalam bidang manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan temuan penelitian terkait ...