Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendidikan karakter dalam mencegah bullying di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari siswa, guru, kepala madrasah, dan orang tua yang terlibat dalam program pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter yang diterapkan, seperti lingkungan madrasah yang nyaman melalui konsep "peaceful school", penerapan budaya religius, integrasi nilai karakter dalam pembelajaran, dan sosialisasi dampak bullying, terbukti efektif dalam mengurangi perilaku bullying. Kolaborasi antara guru dan orang tua juga memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa. Kesimpulan penelitian ini menyarankan bahwa penerapan pendidikan karakter secara komprehensif dapat menciptakan lingkungan madrasah yang aman dan mendukung, serta membentuk siswa dengan karakter yang lebih baik.
Copyrights © 2024