JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 1 Januari 2025

PENGARUH SIMULASI PHET TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MENGENAI KONSEP GELOMBANG BUNYI DI SEKOLAH MENENGAH

Agustina, Ina Ina (Unknown)
Wiyono, Ketang (Unknown)
Marlina, Leni (Unknown)
Abdul Rahman, Nor Farahwahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pemanfaatan simulasi PHET terhadap pemahaman siswa mengenai konsep gelombang bunyi di tingkat sekolah menengah. Metode yang dipakai adalah metode eksperimen semu dengan menggunakan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata nilai pretest (55) ke posttest (80), dengan skor gain ternormalisasi (N-Gain) sebesar 0,65 (kategori sedang). Uji statistik paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa simulasi PHET secara efektif meningkatkan pemahaman siswa. Simulasi ini membantu siswa memvisualisasikan konsep abstrak seperti propagasi gelombang bunyi, hubungan frekuensi, amplitudo, dan kecepatan bunyi, sehingga meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar mereka. Hasil ini mendukung penelitian terdahulu yang megindikasikan bahwa media pembelajaran interaktif mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk memperluas cakupan populasi dan mengeksplorasi variabel pendukung lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...