Jurnal Pendidikan Nusantara
Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Nusantara (Agustus-Febauri)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWASMP NEGERI 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR

Nani Suryani, Nani Suryani (Unknown)
Dahniar, Dahniar (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman matematis siswa sehingga hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar yang berjumlah 31 siswa. Adapun instrumen penelitian dilakukan dengan observasi dan soal tes. Pada tes kemampuan awal siswa diperoleh hasil tes yang tuntas sebanyak 32,25%, kemudian hasil tes pada siklus I diperoleh sebanyak 51,61% siswa yang tuntas dan pada siklus II diperoleh sebanyak 77,41% siswa yang tuntas. Adapun hasil penelitian ini adalah dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning maka dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa SMP Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Nusantara merupakan wadah ilmiah yang memfokuskan diri pada publikasi naskah di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora, termasuk Pendidikan Agama Islam. Pertama kali terbit pada bulan Februari 2016, jurnal ini telah mencapai 24 edisi hingga saat ini. Ruang lingkupnya meliputi hasil ...