HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara
Vol. 1 No. 3 (2024): HUMANUS (Jurnal Sosiohumaniora Nusantara)

Analisis Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia Pada Iklan Ichitan Indonesia Versi  'Ichitan Signature’ Di Youtube

Nesya Navisabilla (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
M Adithya Perdana (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Daniel Handoko (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Iklan-iklan di Indonesia diatur oleh Etika Pariwara Indonesia (EPI), yang merupakan seperangkat pedoman dan peraturan untuk praktik periklanan. Salah satu iklan yang dirilis berjudul "Thai Signature" pada tanggal 1 Maret 2020 dengan durasi 30 detik. Pada akhir video, terdapat scene yang memperlihatkan tulisan "Satu-Satunya yang Asli dari Thailand," yang menekankan bahwa produk ini adalah satu-satunya minuman teh asli yang berasal dari Thailand. Iklan ini melanggar kode EPI pasal 1.2.3, yang menyatakan bahwa penggunaan kata-kata seperti "satu-satunya", "hanya", "cuma", atau kata-kata lain dengan makna serupa tidak boleh digunakan dalam iklan, kecuali jika disertai dengan penjelasan yang dapat dipertanggungjawabkan.  Kata kunci: Iklan, Etika Pariwara Indonesia, Ichitan Signature, Youtube

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

humanus

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara merupakan wadah untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang hasil penelitian lapangan, laboratorium, literatur review, meta analisis atau sejenis bagi para Dosen, praktisi, profesional, mahasiswa atau individu yang memiliki ketertarikan dalam dalam riset ...