HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara
Vol. 2 No. 2 (2025): HUMANUS (Jurnal Sosiohumaniora Nusantara)

Analisis Manajemen Reputasi pada Brand Skincare "The Originote"

Tsaqif, Gattan Qilabi (Unknown)
Hidayah, Hanifah Ulfa Tri (Unknown)
Putri Ananda (Unknown)
Sumarni, Lilik (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis manajemen krisis reputasi pada brand skincare "The Originote" yang menghadapi isu overclaim kandungan produk pada Gluta Bright B3 Serum dan Retinol B3 Serum. Isu tersebut menjadi viral di media sosial setelah ditemukan bahwa kandungan niacinamide tidak sesuai dengan klaim awal, yang menimbulkan krisis kepercayaan konsumen. Dengan menggunakan pendekatan literature review, penelitian ini menggali strategi komunikasi krisis yang digunakan untuk memitigasi dampak negatif terhadap reputasi brand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah respons cepat, transparansi, dan penggunaan strategi komunikasi yang terarah dapat memulihkan kepercayaan konsumen secara signifikan. Selain itu, analisis sentimen menunjukkan mayoritas tanggapan publik tetap positif, menyoroti pentingnya pengelolaan umpan balik konsumen di platform digital. Studi ini menegaskan pentingnya manajemen krisis yang efektif untuk menjaga keberlanjutan bisnis di industri skincare yang sangat kompetitif.  Kata Kunci: Manajemen Krisis, Skincare, Reputasi, The Originote.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

humanus

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara merupakan wadah untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang hasil penelitian lapangan, laboratorium, literatur review, meta analisis atau sejenis bagi para Dosen, praktisi, profesional, mahasiswa atau individu yang memiliki ketertarikan dalam dalam riset ...