Artikel ini membahas upaya pembentukan kemampuan literasi digital pada siswa SMA Amaliah sebagai respons terhadap dinamika informasi di era digital. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis efektivitas sosialisasi mengenai literasi digital terhadap remaja. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan signifikan pada tingkat pemahaman literasi digital peserta setelah sosialisasi, mencapai 99% dari tingkat pemahaman awal sebesar 51%. Penerapan teori Kognitif Sosial Albert Bandura dalam konteks literasi digital menjadi dasar konsep, menekankan peran sosial dalam membentuk perilaku dan pengetahuan individu. Relevansi teori dan konsep ini diperkuat oleh hasil penelitian yang menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan literasi digital peserta, memperkuat urgensi literasi digital sebagai suatu kebutuhan mendesak di era digital. Artikel ini memberikan landasan yang kuat bagi pemahaman dan pengembangan kemampuan literasi digital, terutama di kalangan remaja yang tumbuh bersamaan dengan teknologi.
Copyrights © 2023