Edutary
Vol. 1 No. 1 (2021): Januari-Juni

PENGARUH KEBIASAAN BERMAIN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 1 SUMBER

Fivo Nugraha (Unknown)
Erna Labudasari (Unknown)
Fanny Septiany Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kemungkinan bahwa teknologi dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumber. Dalam hal ini teknologi yang dimaksud yaitu smartphone. Indikator kebiasaan bermain smartphone diantaranya, tugas sekolah, bermain game, menonton video klip, jejaring social media. Sedangkan Indikator motivasi belajar diantaranya, tekun menghadapi tugas, ulet, mandiri, minat belajar dan bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebiasaan bermain smarthpone di SDN 1 Sumber, bagaimana motivasi belajar di SDN 1 Sumber dan bagaimana pengaruh kebiasaan bermain smartphone terhadap motivasi belajar siswa di SDN 1 Sumber. Metode penelitian ini termasuk metode kuantitatif survey. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik propotional stratified random sampling. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 & 5 SDN 1 Sumber. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 responden. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket dan lembar observasi. Instrumen wawancara sebagai data tambahan jika penulis merasa hasilnya belum maksimal. Dokumentasi sebagai pelengkap. Dengan mengikuti kaidah pengambilan keputusan pada uji t dapat dilihat bahwa thitung = 0.921 lebih besar daripada ttabel = 1,708 maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh signifikan variabel kebiasaan bermain smartphone terhadap variable motivasi belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JED

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edutary is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical studies in the field of basic education. ...