JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pendidikan Lingkungan dalam Al-Qur’an: Tanggung Jawab Manusia terhadap Alam

Adenansi, Sopyan (Unknown)
Sohim, Badru (Unknown)
Saefurrijal, Ahmad (Unknown)
Mirza, Iskandar (Unknown)
Saputra, Ajat (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Pendidikan lingkungan hidup merupakan hal yang sangat penting diajarkan karena mengandung etika bagaimana menjaga lingkungan dengan sebaik-baiknya. Pendidikan lingkungan hidup sudah seharusnya menjadi bagian tak terlepaskan dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan Islam. Karena dengan begitu kelestarian lingkungan hidup bisa diajarkan secara menyeluruh dalam naungan suatu sistem yang disebut pendidikan Islam, bukan hanya sebagai sebuah mata pelajaran yang terpisah dari mata pelajaran lainnya. Pendidikan Islam mengajarkan kepada peserta didik untuk melestarikan lingkungan hidup melalui nilai-nilai yang terdapat pada agama Islam. Hal tersebut diharapkan akan menjadi suatu konsep tentang bagaimana mengatasi kerusakan yang terjadi pada lingkungan hidup melalui pendidikan Islam. Pembelajaran mengenai lingkungan hidup dalam pendidikan Islam harus didesain dengan kreatif agar anak didik tidak hanya memiliki pengetahuan, tetapi juga sikap dan kesadaran juga akan tumbuh dalam diri mereka. Analisis tentang nilai-nilai pendidikan lingkungan hidup yang terkandung dalam surat Al-A’raf Ayat 56-58 Tafsir Al-Misbah karya M.Quraish Shihab, yang memperoleh tiga nilai yaitu: 1) Lingkungan hidup merupakan fasilitas yang diberikan kepada manusia; 2) Larangan merusak lingkungan hidup; 3) Kewajiban menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, dapat dijabarkan suatu analisis mengenai implementasi nilai-nilai pada pendidikan Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...