JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Pengembangan Kompetensi dan Produktivitas Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada SMP Panca Budi Medan

Sasmita, Vina (Unknown)
Zendrato, Aprilia (Unknown)
Nabila, Salsa (Unknown)
Ismail, Khalisa Umaira (Unknown)
Rejekina, Tiara Seri (Unknown)
Febrianty, Debby (Unknown)
Yanti, Eli Delvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Studi ini mengkaji dampak pengembangan kompetensi dan produktivitas kerja pada kinerja pegawai SMP Panca Budi Medan. Mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metodologi deskriptif dan asosiatif, penelitian ini melibatkan seluruh karyawan sekolah sebagai sampel melalui teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan instrumen kuesioner skala Likert, observasi di lapangan, dan studi dokumentasi, yang selanjutnya diolah menggunakan analisis regresi linear berganda. Analisis data mengungkapkan bahwa pengembangan kompetensi memberikan dampak positif dan signifikan pada kinerja karyawan (koefisien 0,457; signifikansi 0,025). Demikian pula produktivitas kerja menunjukkan pengaruh positif dan signifikan (koefisien 0,352; signifikansi 0,050). Kedua variabel ini secara bersama-sama memiliki pengaruh sangat signifikan, dibuktikan dengan F-hitung 73,869 dan signifikansi 0,000. Nilai determinasi 77,9% mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut menjadi penentu utama kinerja karyawan, dengan sisa persentase dipengaruhi faktor-faktor lain di luar cakupan penelitian. Temuan ini menyimpulkan bahwa pengembangan kompetensi merupakan faktor utama dalam peningkatan kinerja karyawan, didukung oleh kontribusi produktivitas kerja. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan dalam merumuskan kebijakan pengembangan SDM yang berorientasi pada peningkatan kompetensi dan produktivitas untuk mencapai performa kerja yang unggul.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...