JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengembangan Media "Historical Heritage" untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDIT Fauziah Binjai Timur T.A 2024/2025

Siregar, Yunita Rahmah (Unknown)
Manurung, Imelda Free Unita (Unknown)
Simanjuntak, Sorta (Unknown)
Halimatussakdiah, Halimatussakdiah (Unknown)
Tambunan, Husna Parluhutan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D). Pada tahap penelitian digunakan model ADDIE. Tahapan model ADDIE adalah analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di kelas II SDIT Fauziah terletak di Jl. Danau Sentani, Kelurahan Tunggurono, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru kelas IV SDIT Fauziah Binjai Timur., dan siswa kelas IV SDIT Fauziah Binjai Timur Sampali Percut Sei Tuan yang berjumlah 20 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah media Historical Heritage. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian Validasi media dan materi pembelajaran menjadi penentu kelayakan media. Media berdasarkan hasil akhir validasi memperoleh persentase kelayakan sebesar 93% yang masuk kedalam kategori sangat valid. Melalui angket yang diberikan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh skor praktilitas sebesar 95% yang di mana angka ini masuk kedalam kategori sangat praktis. Peningkatan ini meliputi semua elemen berpikir kreatif, seperti kelancaran, adaptabilitas, keaslian, dan ketelitian. Kegiatan interaktif yang disediakan oleh media terbukti berguna dalam mendukung siswa untuk menciptakan ide-ide baru dan lebih detail.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...