JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Faktor Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa di Sekolah Menengah Atas

Nurmilasari, Desynta (Unknown)
Azzahra, Aurelyn Ayu Vara (Unknown)
Edward, Lucyana Lucky (Unknown)
Ilmi, Dina Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur dan menganalisis tingkat minat belajar siswa selama proses pembelajaran. Metode ini digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang mempengaruhi minat belajar siswa dan seberapa efektif metode yang digunakan. Penelitian ini melibatkan semua siswa SMA di kelas tersebut, dan sampel dipilih secara convenience sampling. Instrumen penelitian adalah angket yang terdiri dari empat elemen utama: motivasi untuk belajar, kesenangan, keterlibatan, dan persepsi terhadap pelajaran. Peringkat untuk setiap elemen diberikan pada skala likert dari 1 hingga 5, yang menunjukkan sangat tidak setuju. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada siswa sampel penelitian dan pengisian dilakukan di bawah pengawasan peneliti untuk memastikan bahwa angket tersebut lengkap dan akurat. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% siswa merasa termotivasi untuk belajar, 75,5% siswa menikmati kegiatan pembelajaran, 75,5% siswa aktif, dan 85,5% siswa merasa pentingnya pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...