Pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi dapat menghambat perkembangan pada anak, terutama perkebangan tanggung jawabnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran yang tepat tentang pengaruh metode eksperimen pada kegiatan Funcooking terhadap sikap tanggung jawab anak pada kelompok B di Taman kanak-kanak di Kota Jambi .Penelitian ini menggunakan pendekatakn kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, tenik pengumpulan data menggunakan observasi untuk melihat perkembangan karakter tanggung jawab anak. Proses penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 grup pembelajaran, yaitu grup eksperiman dan grup control, penelitian dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu kegiatan pretest, treatment, dan post-tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan antara pretest dan post-test yang dilakukan bahwa dengan menggunakan kegiatan Funcooking dapat membantu dalam memberi stimulus pada anak untuk dapat meningkatkan perkembangan karakter tanggung jawabnya. Sehingga kegiatan ini sangat cocok untuk gunakan dalam meningkatkan perkembangan anak, dapat dilakukan di sekolah ataupun di rumah
Copyrights © 2025