JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Power Point Bersuara dalam Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid 19 di SMP Al-Utsaimin Pada Mata Pelajaran Matematika

Astuti, Astuti (Unknown)
Maulidya, Siti Rahmy (Unknown)
Ezaldi, Diky (Unknown)
Firdaus, Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2020

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mendorong perubahan drastis dalam sistem pendidikan, termasuk peralihan dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring. Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran daring adalah keterbatasan interaksi langsung antara guru dan siswa, terutama dalam mata pelajaran seperti matematika yang membutuhkan pemahaman konsep secara mendalam. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan menganalisis efektivitas penggunaan PowerPoint bersuara sebagai media pembelajaran matematika di SMP Al-Utsaimin selama pandemi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan guru dalam pembuatan PowerPoint bersuara, pendampingan dalam penerapannya, serta evaluasi efektivitas melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil belajar siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa PowerPoint bersuara membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika, karena memungkinkan penyampaian materi yang lebih jelas dan fleksibel. Namun, beberapa kendala seperti keterbatasan akses perangkat dan jaringan internet masih menjadi tantangan dalam penerapannya. Secara keseluruhan, PowerPoint bersuara merupakan alternatif media pembelajaran yang efektif dan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan strategi yang lebih inovatif guna meningkatkan kualitas pembelajaran daring.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...