Evaluasi pembelajaran mempunyai peranan vital pada sebuah kegiatan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Evaluasi yang baik mampu menambah wawasan mengenai perkembangan peserta didik, mendorong tenaga pendidik pada proses pembuatan kurikulum dan meningkatkan kualitas daripada proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini ialah mendalami peranan daripada kegiatan evaluasi pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan ialah library research (studi kepustakaan). Hasil penelitian ini adalah pada proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis Pendidikan Karakter evaluasi mempunyai peranan yang vital. Tenaga pendidik mampu melakukan kegiatan evaluasi guna mendalami peningkatan belajar peserta didik secara komprehensif, menganalisis adanya kekurangan maupun kelebihan serta mengelola kegiatan belajar yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Evaluasi pula mendorong tenaga pendidik agar mampu menunjang kegiatan pengajaran dengan cara menganalisis metode yang mereka pakai serta mengadakan pembaharuan mengenai apa saja yang dibutuhkan. Disamping itu, kegiatan evaluasi pun mampu menciptakan feedback bagi peserta didik mengenai kapabilitas dan wawasan Pendidikan Kewarganegaraan mereka, menstimulasi agar mampu meningkatkan keterampilan mereka serta meningkatkan kepercayaan diri mereka. Satu dari sekian tugas tenaga pendidik ialah evaluator bagi para peserta didik mereka. Oleh karenanya, kegiatan evaluasi mengenai pendidikan karakter pada tingkatan sekolah dasar diselaraskan dengan kapabilitas serta pola pikir peserta didik. Pendidikan karakter baiknya dilakukan dari mulai lingkungan rumah hingga dilanjutkan di lingkungan sekolah. Dengan adanya pendidikan karakter, besar harapan peserta didik mampu menjadi seseorang yang mempunyai ahlak mulia. Pendidikan karakter mampu digunakan pada setiap kriteria penilaian dalam berbagai macam topik.
Copyrights © 2025