Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD
Vol 2, No 3 (2023): PEDAPAUD: JURNAL PENDIDIKAN DASAR DAN PAUD

Pengembangan Media Pembelajaran Komik Neng ODEL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Febriyani, Elda (Unknown)
Nugraha, Mohammad Fahmi (Unknown)
Hendrawan, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Komik Neng Odel yang dapat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Sistem Pencernaan Manusia sehingga mampu membantu tingkat pemahaman dan pencapaian peserta didik, serta mengefektifkan waktu dalam pembelajaran. Metode Research and Development (RD) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Gobras Kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, penyebaran angket responden, pretest dan posttest, validasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 3,86 dengan kelayakan persentase sebesar 96%, hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 3,80 dengan kelayakan persentase 95% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian dengan hitungan N-Gain dikelas exsperimen skor rata-rata 80% termasuk kategori tafsiran efektif, dengan nilai minimal 30% dan maksimal 100% termasuk kategori “efektif”. Berdasarkan hasil penelitian dengan hitungan N-gain dapat diketahui bahwa dikelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 30% Tidak efektif, serta dengan nilai minimal 0% dan nilai maksimal 66% termasuk kategori “cukup efektif”. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Komik Neng Odel dikatakan sangat baik dan layak serta efektif pada pembelajaran IPA di SD denga materi Sistem Pencernaan Manusia. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PeDaPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD (PEDAPAUD) dengan nomor registrasi ISSN 2828-0369 (online) dan ISSN 2828-1748 (cetak) merupakan jurnal ilmiah akses terbuka dan peer-review yang menerbitkan berbagai jenis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan artikel gagasan. Semua topik yang kami terima ...