Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD) masih mengalami permasalahan diantaranya yaitu, nilai yang diperoleh peserta didik masih belum maksimal masih dibawah KKM, peserta didik tidak fokus saat belajar, keterbatasaan media. Serta kurang memahami materi khususnya pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Perkresipeda yang dapat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi sistem peredaran darah manusia sehingga mampu membantu tingkat pemahaman dan pencapaian siswa, serta mengefektifkan waktu dalam menjelaskan materi sistem peredaran darah manusia. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RD) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rengrang kelas 5 SD. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket responden, pretest dan posttest, validasi. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 3,76 dengan persentase 94%, hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 3,75 dengan kelayakan 93,75% dengan kategori Sangat Baik. Hasil penelitian uji efektivitas dengan hitungan N-Gain score diketahui kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 89% termasuk kategori tafsiran efektif. Dengan nilai N-Gain score minimal 83% dan maksimal 100%. Berdasarkan hasil penelitian dengan hitungan N-Gain score diketahui bahwa kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 60% termasuk kategori tafsiran cukup efektif. Dengan nilai N-Gain score minimal 40% dan maksimal 50%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Perkresipeda dikatakan Sangat Baik dan layak serta Efektif pada pembelajaran IPA di SD dengan materi sistem peredaran darah manusia.
Copyrights © 2023