Administrasi pendidikan, sebagai penentu efisiensi dan efektivitas sistem pendidikan, memiliki peran krusial dalam memastikan pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan manajemen kepala sekolah sebagai subjek melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, data dianalisis secara kualitatif dengan merujuk pada teori Miles dan Huberman. Penelitian ini di SDN Demangan, Jepara, mengeksplorasi implementasi administrasi pendidikan terutama dalam aspek kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana-prasarana, dan peserta didik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam konteks kurikulum, manajemen administrasi di tingkat sekolah dan kelas memainkan peran kunci dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendidik dan tenaga kependidikan memiliki peran berbeda, tetapi keduanya berkontribusi pada kelancaran operasional dan pengembangan peserta didik. Di sisi sarana-prasarana, kendala terutama terlihat pada kondisi fisik bangunan dan kekurangan fasilitas. Administrasi peserta didik mencakup penerimaan, pembinaan, dan evaluasi yang bertujuan mencapai kualitas pembelajaran yang optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025