Untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan profesinya seorang guru harus membekali diri dan terus meningkatkan kompetensi yang dimiliki terutama kompetensi professional yang bisa dilakukan dengan mengikuti program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan peningkatan kompetensi profesional dengan mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru di SDN 3 Batu Mekar. Metode yang digunakan pada penelitian adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data reduksi, display, kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data diuji dengan kredibiltas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan kompetensi profesional melalui PKB dilakukan dengan diskusi dengan sesama guru di sekolah, mengikuti kegiatan kelompok kerja guru (KKG), supervisi, dan penilaian kinerja guru (KKG). Adapun tindakan-tindakan yang dilakukan di KKG yang mengacu pada indikator kompetensi professional, hasil supervise, dan penilaian kinerja guru telah mencapai nila rata-rata atau sangat baik.
Copyrights © 2025