Guru-guru sekolah dasar kesulitan untuk naik dari golongan IVa ke golongan IVb, disebabkan guru mengalami hambatan dalam melaksanakan aturan kenaikan golongan, diantaranya menulis karya ilmiah dan laporan hasil penelitian. Serta bagaimana meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru Sekolah Dasar dalam menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sesuai dengan standar akademik dan kebutuhan pembelajaran. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelaksanaan berhasil dengan baik, yakni jumlah kehadiran peserta dari yang direncanakan 20 yang hadir 26 orang atau 130%; Jumlah peserta yang menyerahkan judul penelitian sesuai permasalahan dalam pembelajaran di kelasnya dan Daftar Isi Proposal PTK sebanyak 21 orang atau 80,77%; dan Jumlah peserta yang menyerahkan draf proposal PTK 22 atau 84,62%. Dengan adanya kesiapan materi yang akan disampaikan, termasuk kejelasan tujuan pembelajaran dan relevansi konten dengan kebutuhan peserta. Model pelatihan menerapkan metode ceramah-tanyajawab dan simulasi sehingga mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta pelatihan. Dengan demikian, peserta dapat meningkatkan kualitas laporan mereka, sehingga lebih mudah diterima oleh pihak yang berwenang dalam penilaian kenaikan pangkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024