Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Vol 5, No 3 (2024): J-P3K DESEMBER

Gambaran Teacher Well-Being Pada Guru TK Swasta Al-Muttaqien Medan Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka

Nasution, Atika Mentari Nataya (Unknown)
Dewi, Salamiah Sari (Unknown)
Sarah, Cut (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan Kurikulum pendidikan yang diterapkan pada tahun ajaran 2024/2025. Pada kurikulum ini Guru menemukan beberapa tantangan dalam pengimplementasian seperti wajib meningkatkan kompetensi, mengubah bahan ajar sesuai dengan kurikulum, serta dinamika lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan guru dalam menghadapi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 10 guru di TK Swasta Al-Muttaqien. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala psikologis, wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian teacher well-being (kesejahteraan psikologis guru) terhadap pembelajaran kurikulum merdeka menunjukan dalam kategori sedang. Dapat dilihat dari 6 guru dengan persentase sebesar 60% dalam kategori sedang, terdapat guru yang berjumlah 2 guru dengan persentase sebesar 20% termasuk dalam kategori tinggi, dan 2 guru lainnya dengan persentase sebesar 20% dalam kategori rendah. Hal ini dipengaruhi oleh faktor seperti persepsi guru tentang kurikulum Merdeka positif, dukungan pihak sekolah, dan dukungan dari rekan guru lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-P3K

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki ...