Jurnal Akutansi Manajemen Ekonomi Kewirausahaan (JAMEK)
Vol 5 No 1 (2025): Edisi Januari 2025

Pengaruh Green Branding Terhadap Niat Pembelian: Kepedulian dan Persepsi Lingkungan

Tesa Lonika (Unknown)
Barkah (Unknown)
Wenny Pebrianti (Unknown)
Ramadania (Unknown)
Heriyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara Sikap terhadap Produk Ramah Lingkungan, Kepedulian Lingkungan, Kesadaran Lingkungan, Inovasi Ramah Lingkungan, dan Niat Pembelian Ramah Lingkungan, dengan peran mediasi Citra Ramah Lingkungan Perusahaan dalam produk minyak goreng Green Tropical. Data primer dikumpulkan dari 218 responden di Indonesia (usia 17-60) yang sadar dan peduli terhadap isu lingkungan. Menggunakan purposive sampling melalui survei daring di media sosial, data dianalisis menggunakan Partial-Least Square Equating Modeling (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap terhadap Produk Ramah Lingkungan, Kesadaran Lingkungan, dan Inovasi Ramah Lingkungan berdampak positif terhadap citra ramah lingkungan dan niat pembelian perusahaan. Namun, kepedulian Lingkungan tidak secara signifikan memengaruhi niat pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa perusahaan harus meningkatkan edukasi konsumen tentang inovasi ramah lingkungan untuk keberlanjutan dan mengeksplorasi faktor-faktor penting yang memengaruhi niat pembelian melalui penelitian kualitatif, karena survei mungkin tidak mengungkapkan semua motivasi konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JAMEK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akutansi Manajemen Ekonomi dan Keuangan di Publikasikan oleh Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) yang Berisi artikel yang diambil dari penelitian di bidang Akuntansi Manajemen, Ekonomi,manajemen Bisnis, Manajemen Sumber daya Manusia, Manajemen Pemasaran, manajemen strategis, manajemen ...