G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 9 No. 2 (2025): April 2025, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Dampak Media Sosial Pada Persepsi Siswa SD: Sebuah Studi Fenomenologi

Ni'mah Wahyuni (Unknown)
Syaiful Hidayat (Unknown)
Karmila Risa Rahmawati (Unknown)
Asrianti (Unknown)
Hamna (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2025

Abstract

Semakin meluasnya penggunaan media sosial, siswa di SD mudah mendapat informasi yang dapat memengaruhi pandangan siswa tentang karir dimasa depan. Oleh karena itu, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti konsekuensi dari interaksi dengan media sosial terhadap pemahaman karir yang dimiliki oleh siswa tingkat dasar, khususnya di SD Negeri 17 Tolitoli. Penelitian ini meneliti bagaimana media sosial memengaruhi pandangan siswa terhadap berbagai pilihan karir di masa depan. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kualitatif diterapkan melalui pendekatan fenomenologi-kontekstualistik. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 puluh siswa yang tergabung dalam kelas V dan VI. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah trianggulasi sumber melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan secara deduktif. Dampak penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial sangat memengaruhi persepsi dan berkonstribusi pada pilihan karir siswa SD, serta menyediakan panduan bagi pendidik dan orang tua untuk memberikan bimbingan karir yang lebih baik. Kata kunci: karir, sekolah dasar, media sosial, studi fenomenologi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...