Latar Belakang Penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar siswa di MTs As- Syafi’iyah Pendalian IV Koto yang salah satu faktor nya disebabkan oleh Pengaruh Lingkungan Keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs As- Syafi’iyah Pendalan IV Koto. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi, Populasi dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa kelasVIII dan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan nilai rata- rata variabel lingkungan keluarga 61,64% masuk kedalam kategori Kuat, sedangkan hasil belajar dengan rata-rata 69,02 masuk kedalam kategori cukup. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung 9,176> ttabel 1,680 pada taraf signifikansi 5%, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signfikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs As-Syafi’iyah Pendalian IV Koto. Berdasarkan koefisien determinasi yang menyatakan bahwa nilainya mempengaruhi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS dengan Nilai Kontibusi 67,5% sedangkan sisahnya 32,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Saran dalam penelitian ini bagi Sekolah adalah agar menjaga dan menanamkan sifat disiplin siswa di MTs As-Syafi’iyah, dengan cara memberikan arahan, bimbingan dan kedisiplinan siswa dalam belajar dikelas agar anak mentaati peraturan yang ada.
Copyrights © 2024