Bakoba: Journal of Social Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII DI MTs DAARUSSALAMAH BANGUN JAYA

Nur Epriliyana, Tiara (Unknown)
Hardianto, Hardianto (Unknown)
Aida, Welven (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS siswa di MTs Daarussalamah Bangun Jaya disebabkan oleh model pembelajaran konvensional (ceramah). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas VII di MTs Daarussalamah Bangun Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 48 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A dan VII.B yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data nilai Pre-Test dan Post-Test berdistribusi normal dan varians nya homogen. Rata-rata nilai Pre-Test kelas eksperimen adalah 33,95 dan kelas kontrol 40,11. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 85,15 dan kelas kontrol 64,76. Hasil penelitian dihitung dengan menggunakan rumus t-test dengan hasil > = 7,507 >1,696, yang artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas VII di MTs Daarussalamah Bangun Jaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bakoba

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat ...