Bakoba: Journal of Social Science Education
Vol. 4 No. 02 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education

BENTUK INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA SISWA SMP NEGERI 4 RAMBAH HILIR

Indrayani, Susi (Unknown)
Rahmawati, Ilham (Unknown)
Betria, Ike (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian berdasarkan pada latar belakang masalah bagaimana bentuk interaksi sosial teman sebaya pada siswa SMP Negeri 4 Rambah Hilir, dimana kenyataan disekolah seperti adanya siswa yang hanya berteman dengan teman satu kelasnya saja, terlihat ada siswa yang tidak mempunyai kelompok bermain di luar jam pelajaran. Tapi adakalanya dalam interaksi siswa di sekolah siswa bekerja sama dalam kegiatan pramuka ataupun ekstrakurikuler,bekerja sama dalam mengerjakan PR atau Pekerjaan Rumah, siswa membantu teman yang menghadapi masalah dan siswa menyelesaikan masalah dengan bantuan siswa lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk interaksi sosial teman sebaya pada siswa SMP Negeri 4 Rambah Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model penelitian studi kasus. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 orang yang terdiri dari Kepala sekolah, Guru dan Siswa SMP Negeri 4 Rambah Hilir. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa SMP Negeri 4 Rambah Hilir. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Snowball sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa bentuk interaksi sosial teman sebaya pada siswa SMP N Rambah Hilir yaitu 1. Kerjasama dapat dilihat dari siswa siswi yang melalukan belajar kelompok dan berusaha mendapat nilai kelompok terbaik. 2. Akomodasi dapat dilihat dari siswa yang meleraaikan perkelahian yang terjadi kepada temannya yang mana tujuan supaya tidak konflik yang terjadi berakhir. 3. Asimilasi dapat dilihat dari perbedaan suku dan agama siswa SMP Negeri 4 Rambah Hilir tidak menyebabkan konflik malah menyebabkan mereka mengenal satu sama lain perbedaan kebudayaan dan perbedaan agama tersebut. 4. Persaingan dapat dilihat dari siswa yang berusaha menjadi sang juara disetiap kegiatan sekolah dan berlomba-lomba untuk latihan setiap sore supaya menjadi yang terbaik selain itu juga siswa selalu belajar dengan baik itu disekolah ataupun dirumah supaya mendapatkan nilai yang baik dan prestasi yng baik. 5. Kontravensi dapat dilihat dari siswa yang menyembunyikan perasaan benci dan perasaan tidak suka kepada teman yang menganggu ataupun yang mengejek salah satu alasan menyembunyikan perasaan benci atau perasaan tidak suka agar tidak terjadi konflik. 6. Konfik dapat dilihat dari siswa yang saling memukul atau mengesek kepala temannya serta mengejek teman-temannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bakoba

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat ...