GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 8, No 2 (2024): Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Prototipe Paudnesia: Aplikasi Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Noor, Mahyuddin (Unknown)
Novitawati, Novitawati (Unknown)
Noorhapizah, Noorhapizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Asesmen pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan anak, selain untuk merancang rencana pembelajaran di sekolah, juga sebagai informasi pendukung bagi orang tua dalam mendampingi perkembangan anak pada kehidupan sehari-hari di luar sekolah, agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe Paudnesia: aplikasi asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan pada prototipe tersebut, dengan batasan penelitian pada instrumen asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall, dari analisis data diseminasi. Pada uji lapangan operasional, nilai Maze Usability Score (MAUS) berada pada angka 72.75 dengan kategori dapat diterima dengan grade B- dan pengalaman pengguna yang baik berdasarkan System Usability Scale (SUS), sehingga dapat dikatakan bahwa fitur asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka yang dirancang oleh peneliti pada prototipe aplikasi Paudnesia dapat diterima dan layak untuk dikembangkan pada tahap produksi. Keunggulan yang dirasakan oleh pengguna prototipe aplikasi Paudnesia meliputi berbagai kemudahan dan efisiensi yang signifikan, dari penyimpanan data yang terorganisir hingga penilaian real-time yang akurat, sehingga sangat membantu guru PAUD dalam melaksanakan tugas-tugas mereka sehari-hari. Sedangkan kelemahan yang masih dirasakan oleh pengguna adalah ketergantungan pada koneksi internet yang mengganggu penggunaan aplikasi serta pemahaman pengguna terhadap aplikasi yang masih minim. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

golden_age

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is managed by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program which focuses on research results related to early childhood education. This journal is published 2 (two) times a year, in June and ...