Menulis deskripsi merupakan keterampilan menulis yang sangat penting diajarkan sejak tingkat sekolah dasar. Untuk memudahkan peserta didik berlatih menulis teks deskripsi diperlukan media pembelajaran yang menarik. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi media pembelajaran yang mudah diserap oleh peserta didik karena dapat menampilkan gambar tiga dimensi (3D), interaktif, mudah digerakkan, memberikan keterangan, dan suara yang diminta oleh pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan proses dan hasil peningkatan kompetensi menulis deskripsi peserta didik dengan media pembelajaran AR. Penelitian ini menggunakan rancangan tindakan kelas adaptasi dari Kemmis Taggart. Setiap siklus pembelajaran terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian, peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Purwantoro Malang. Data penelitian berupa hasil penilaian teks deskripsi yang ditulis oleh peserta didik, penilaian melalui rubrik pengamatan, dan wawancara, serta hasil refleksi Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan guru pamong dan mahasiswa program profesi guru. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran AR dapat meningkatkan kompetensi menulis deskripsi peserta didik secara signifikan dari 50% tuntas menjadi 100% tuntas. Sehubungan dengan itu, Penggunaan media pembelajaran AR Asemblr EDU. direkomendasikan dapat digunakan untuk meningkatkan literasi menulis genre lain seperti deskripsi dan prosa fiksi.
Copyrights © 2024